Online Game Gratis untuk Anak yang Asyik Dimainkan oleh Semua Orang

Jumat, 20 September 2024

Online Game Gratis untuk Anak yang Asyik Dimainkan oleh Semua Orang


Ketika sudah mulai jenuh bekerja, gak ada salahnya refreshing di sela-sela waktu kosong. Kebetulan hari itu aku lagi Work from Café mengerjakan analisis keuangan untuk tulisan selanjutnya, setelah itu makan malam di tempat yang sama. Sambil memikirkan ide baru, aku teringat perkataan sepupuku mengenai pentingnya anak sudah diajari mengenai keuangan sejak dini.

Karena kebetulan isi tulisan yang akan kubuat lumayan mirip, yaitu sama-sama bertema finansial, aku jadi penasaran membuka website rekomendasi dia. Katanya anaknya suka main game di sini mortgagecalculator.org/money-games/ 

Tentunya dengan pengawasan orang tua yah, biar mainnya sesuai waktu. Walaupun judulnya game, tapi dapat merangsang otak dan melatih cara berpikir. Jadinya sepupuku gak keberatan anaknya main game di website ini. Dia bahkan menyaranku untuk mencoba aneka game di sini.


Educational Game


Aneka Educational Game untuk Anak yang juga Seru Dimainkan Orang Dewasa

Awalnya aku agak malas main game anak kecil, tapi ternyata dugaanku salah sama sekali. Orang dewasa juga enjoy bermain game di sini. Bahkan aku jadi dapat ide untuk tulisan selanjutnya gara-gara mampir ke mortgage calculator.

Ada banyak aneka game yang ditawarkan. Di website mortgage calculator menawarkan lebih dari 100 game video online yang edukatif, menyenangkan, gratis, dan tanpa iklan untuk anak-anak, dengan kategori sebagai berikut:


  • Game Uang: Latihan menghitung uang dan membuat kembalian. Game ini seru untuk berlatih penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sambil belajar tentang uang.
  • Game Real Estate: Beli dan jual properti, bangun kota LEGO yang berkembang, dan bersihkan kekacauan atau kuman. Kamu juga bisa membangun struktur yang stabil atau menggunakan dinamit untuk menghancurkan bangunan.
  • Game Cryptocurrency: Pengenalan yang mudah dimengerti tentang spekulasi finansial dan gelembung. Game ini menampilkan Bitcoin dan NFT yang kini jadi tren.
  • Game Simulasi Pertanian: Kembangkan farm virtual atau bangun bisnis berbasis pertanian.
  • Game Toko Grosir: Jalankan supermarket dan jaga agar barang-barang selalu tersedia.
  • Game Simulasi Restoran: Jalankan kedai kopi, stand burger, atau pizzaria.
  • Game Simulasi Bisnis: Bangun bisnis pertambangan, jalankan toko perhiasan, jadi florist, atau jadi bos korporat.


Rekomendasi Online Game Gratis Tema Makanan

Masih banyak game lainnya di website ini yang bisa kalian coba. Lumayan menyenangkan mengisi waktu luang menunggu pesanan makananku datang. Karena lapar, aku memilih aneka game bertema makanan. Dan kebetulan 3 game yang akan aku rekomendasikan ini menjadi favoritku.


Cooking Mahjong


Cooking Mahjong

Cooking Mahjong adalah game membangun resep yang terinspirasi dari permainan Mahjong Solitaire. Di bagian atas layar, kamu bisa lihat resep apa yang harus dipenuhi dan berapa banyak yang perlu dibuat.

Pilih batu yang terbuka dan menjadi bagian dari resep. Beda sama Mahjong biasa yang cari pasangan identik, di sini kamu harus pilih bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep. Setiap kali kamu selesaikan satu resep, jumlah yang diperlukan akan berkurang satu. Tapi, kamu cuma bisa pakai batu yang terbuka buat selesaikan resep.

Batu terbuka adalah yang nggak ada batu di atasnya dan minimal salah satu sisi kiri atau kanannya bebas dari batu lain. Batu yang terbuka ditandai dengan warna latar yang lebih terang, sedangkan batu yang nggak terbuka warnanya lebih gelap.

Ada 25 stage yang harus diselesaikan, dan kamu harus menyelesaikan semua resep di tiap stage sebelum waktu habis. Kalau nggak ada batu terbuka yang bisa dipilih lagi, batu yang tersisa akan otomatis diacak ulang. Kalau gagal di satu stage, tenang aja, kamu bisa coba lagi sebanyak mungkin.

Konsepnya seru banget, jadi dengan mencocokkan bahan baku, seakan-akan kita memasak beneran. Biasanya kan hanya mencari batu yang sama, kalau ini harus mikir dulu, resepnya betul atau tidak.


BBQ Roast

BBQ Roast

BBQ Roast adalah game merge 3 yang simpel. Kamu harus menggerakkan sayuran yang sama ke dalam kelompok berisi 3 atau lebih di satu tusukan untuk menggabungkannya jadi sayuran tingkat yang lebih tinggi.

Setiap kali kamu menggerakkan sayuran, hanya sayuran paling luar dan sayuran yang ada di sebelahnya (kalau jenisnya sama) yang akan ikut bergerak di satu tusukan. Gabungkan sayuran terus menerus sampai mencapai target level. Setelah kamu melakukan 4 kali gerakan, satu set sayuran baru akan ditambahkan di ujung setiap tusukan.

Sebelum sayuran baru ditambahkan, game akan menunjukkan sayuran apa yang akan masuk di setiap tusukan. Kamu bisa pakai indikator ini buat menyesuaikan posisi sayuran yang sudah ada dengan yang akan datang. 

Setiap tusukan bisa menampung maksimal 6 sayuran. Jangan sampai ada sayuran yang melewati ujung tusukan, kalau nggak kamu bakal kalah di level itu. Mainkan semua 6 stage. Di setiap stage, kamu harus menggabungkan sayuran untuk mencapai target angka yang lebih tinggi, dengan target angka 9 di stage terakhir.

Kalau ada yang pernah main game 2048, ini tuh mirip kaya begitu. Bedanya cara menggesernya berbeda, karena ini kaya sate. Dan sangat menyenangkan melihat wujud sate selanjutnya setelah berhasil digabungkan. 


Hidden Food


Hidden Food

Hidden Food adalah game mencari objek tersembunyi di mana kamu harus menemukan makanan atau peralatan dapur. Di bagian atas layar, kamu bisa lihat sisa waktu, item yang harus ditemukan, dan jumlah masing-masing item yang perlu kamu cari.

Klik cepat pada item begitu kamu melihatnya di layar. Ulangi proses ini sampai semua item berhasil ditemukan. Semakin jauh kamu bermain, game ini akan makin sulit karena kamu harus mencari lebih banyak jenis item, jumlah item yang lebih banyak, dan item di papan akan semakin padat.

Cukup tricky karena kita harus mencari barang di tumpukan yang berantakan. Kalau kamu nggak menemukan item dalam waktu tertentu, salah satu item yang harus ditemukan akan bergoyang ke kanan dan kiri, bikin lebih gampang untuk dilihat. Kalau gagal di level manapun, kamu bisa mengulang level tersebut sebanyak yang kamu mau.


Aku sudah mencoba berbagai jenis game, tapi memang 3 game tadi favorit banget, soalnya enjoy dimainkan oleh orang dewasa. Kalau game lainnya memang banyak yang cocok untuk anak-anak, jadi para ayah dan bunda bisa mengajak buah hatinya bermain di website mortgage calculator. Selain menyenangkan, juga bisa menambah ilmu anak.

Hal yang paling aku suka adalah kita gak perlu install aplikasi untuk bermain game. Tentunya praktis dan tidak memenuhi storage handphone. Kalau bosan dengan satu game, tinggal mainkan yang lainnya karena ada banyak pilihan.

Selain lancar dimainkan di handphone saat kita bepergian, bisa dimainkan juga di komputer, cocok buat yang suka bermain di layar lebih lebar. Fleksibel kan?


Jadi game mana yang menarik perhatianmu? Silakan share di kolom komentar ya!


0 komentar :

Posting Komentar

Popular Posts